Assalamu'alaikum Wr Wb

Pelajarilah ILMU, mempelajarinya karena Allah adalah KHASYAH, Menuntutnya adalah IBADAH, mempelajarinya adalah TASBIH, mencarinya adalah JIHAD, Mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahui adalah SHADAQAH, menyerahkan kepada ahlinya adalah TAQARRUB. Ilmu adalah teman dekat dalam kesendirian dan sahabat dalam kesunyian.

Wa'alaikumsalam Wr Wb


Sabtu, 10 April 2010

Kedermawanan


>>> Kedermawanan adalah perbuatan yang mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala, sedangkan kebakhilan (kekikiran) adalah menjauhkannya.



>>> Orang yang dermawan tidak dapat dilunakkan oleh kekerasan, dan tidak berlaku kasar jika kaya.


>>> Orang yang dermawan bersikap ramah jika diperlakukan dengan ramah, sedangkan orang yang kikir bersikap kasar jika diperlakukan dengan ramah.


>>> Permintaan kepada orang yang dermawan menggerakkannya untuk memberi, sedangkan permintaan kepada orang yang kikir mendorongnya untuk tidak memberi.


>>> Jika engkau meminta sesuatu kebutuhan kepada orang yang dermawan, maka biarkanlah dia berpikir, karena dia hanya berpikir dalam kebaikan (untuk memberikan). Akan tetapi jika engkau meminta sesuatu kebutuhan kepada orang yang kikir, maka mintalah secara mendadak, karena jika dia sempat berpikir, niscaya dia akan kembali kepada wataknya (kikir).

>>> Kedermawanan dan kemurahan hati adalah dengan makanan, bukan uang. Dan barangsiapa yang memberi uang seribu (banyak) dan kikir dengan sepiring makanan, maka dia bukanlah seorang yang dermawan.


>>> Kedermawanan yang sebenarnya adalah berniat melakukan kebaikan kepada setiap orang.

Tidak ada komentar: