Assalamu'alaikum Wr Wb

Pelajarilah ILMU, mempelajarinya karena Allah adalah KHASYAH, Menuntutnya adalah IBADAH, mempelajarinya adalah TASBIH, mencarinya adalah JIHAD, Mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahui adalah SHADAQAH, menyerahkan kepada ahlinya adalah TAQARRUB. Ilmu adalah teman dekat dalam kesendirian dan sahabat dalam kesunyian.

Wa'alaikumsalam Wr Wb


Sabtu, 17 April 2010

Budi Pekerti Yang Baik


1. Budi perkerti yang mulia ada 10 (sepuluh), yaitu : dermawan, malu, jujur, menyampaikan amanat, rendah hati (tawadhu), cemburu, berani, santun, sabar dan syukur.

2. Tiga macam orang yang tidak diketahui sifatnya, kecuali dalam tiga situasi : 1). Tidak ketahui orang pemberani kecuali dalam perang, 2). tidak diketahui orang yang penyabar kecuali ketika sedang marah, dan 3). Tidak diketahui sebagai teman kecuali ketika (temanya) sedang butuh.
3. Janganlah sekali-kali engkau menjadi orang yang keburukannya lebih kuat daripada kebaikannya, kekikirannya lebih kuat daripada kedermawanannya, dan kekurangannya lebih kuat daripada kebajikannya.
4. Pandanglah buruk pada dirimu apa yang engkau pandang buruk pada orang selainmu.
5. Hendaklah engkau ridha akan perlakuan orang-orang terhadapmu sama seperti engkau ridha atas perlakukanmu terhadap mereka.
6. Akhlaq seseorang terukur ketika melakukan perjalanan (jauh).
7. Kasihanilah orang-orang fakir yang sedikit kesabarannya, kasihanilah orang-orang kaya yang sedikit syukurnya, dan kasihanilah keduanya karena lamanya kelalaian mereka (terhadap Allah Ta’ala).
8. Semulia-mulianya raja adalah yang tidak dicampuri kesombongan dan tidak menyimpang dari kebenaran. Sekaya-kaya orang adalah yang tidak tertawan oleh ketamakan. Sebaik-baiknya kawan adalah yang tidak menyulitkan kawan-kawannya. Dan sebaik-baiknya akhlaq adalah yang paling membantu dalam ketaqwaan dan ke wara’an (kehati-hatian dalam agama).
9. Seseorang tidak akan menjadi mulia sehingga dia tidak peduli dengan pakaian yang mana saja dia muncul (ditengah-tengah masyarakatnya).

Wassalam

Tidak ada komentar: