Assalamu'alaikum Wr Wb

Pelajarilah ILMU, mempelajarinya karena Allah adalah KHASYAH, Menuntutnya adalah IBADAH, mempelajarinya adalah TASBIH, mencarinya adalah JIHAD, Mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahui adalah SHADAQAH, menyerahkan kepada ahlinya adalah TAQARRUB. Ilmu adalah teman dekat dalam kesendirian dan sahabat dalam kesunyian.

Wa'alaikumsalam Wr Wb


Sabtu, 01 Mei 2010

Instropeksi Diri


>>> Barangsiapa yang mengintropeksi dirinya, maka dia telah beruntung; dan barangsiapa yang lalai akan dirinya, maka dia telah merugi. Barangsiapa yang takut (akan siksa Allah), maka dia akan aman  (dari siksa-Nya). Barangsiapa yang mau mengambil pelajaran, maka dia akan terbuka pandangannya. Barangsiapa yang telah terbuka pandangannya, maka dia akan memahami, dan barangsiapa yang telah memahami, maka dia akan mengetahui.
>>> Semoga Allah Ta’ala merahmati seorang hamba yang takut kepada Tuhan-nya, menasehati dirinya, menyegerakan tobatnya, dan mengalahkan hawa nafsunya. Sebab, sesungguhnya ajalnya tersembunyi darinya, angan-angannya menipunya, sedangkan setan senantiasa menyertainya (berupaya menyesatkannya).
>>> Perbuatan-perbuatan hamba terjadi dalam kehidupan sekarang ini di dunia, sedangkan perhitungannya kelak di akherat.
>>> Lihatlah wajahmu setiap waktu di cermin, jika wajahmu itu bagus, maka anggaplah ia buruk, agar engkau tidak menambahkannya dengan perbuatan yang buruk. Sedangkan jika (engkau dapati bahwa) wajahnu itu buruk, maka anggaplah ia memang buruk, agar engkau tercegah menggabungkan dua keburukan, yaitu buruk rupa dan buruk amal.
Wassalam

Tidak ada komentar: